Lulusan Akademi Iblis: 21hb Disember 2009

Ringkasan Suhbah Harian Maulana Syaikh Nazim

21hb Disember 2009

Lulusan Akademi Iblis

A’uzubillah himinasyaitan nirrajiim

Bismillahir Rahman-nir Rahiim

Assalamu’alaikum wrwb.

  • Mawlana berkata bahwa iblis adalah makhluk yang paling dengki di antara semua makhluk yang Allah ciptakan. Semua orang yang memiliki kedengkian di hati mereka adalah pengikut iblis. Mawlana berkata bahwa jutaan orang telah lulus dari Akademi iblis. Iblis dengan bangganya memberikan mereka ijazah kelulusan seraya berkata, “Ini Sertifikatmu, kamu mengikuti jejak langkahku, kamu adalah yang NOMOR SATU; aku sangat bangga padamu. Kamu telah lulus dan sekarang, kamu adalah orang yang paling DENGKI!” Lulusan semacam itu merupakan pengikut sejati dari syaitan.
  • Syaitan mempunyai banyak Akademi, dan ia tidak kekurangan murid; semua belajar untuk menjadi yang paling kotor. Pada zaman sekarang ini ada banyak pengikut yang ingin lulus dari Akademi ini.
  • Apa sajakah keempat karakter terkutuk dari iblis yang diperoleh oleh para lulusan ini? Keempat karakter tersebut adalah KIBIR (ANGKUH/SOMBONG), HASAD (DENGKI), GHADAB (MARAH), DAN KERAS KEPALA.
  • Keangkuhan adalah ketika kita memandang diri sendiri lebih baik dari orang lain, lebih tinggi dari orang lain. Ego kita adalah milik syaitan, dan empat karakteristik ini merupakan karakteristik dari pengikut-pengikut syaitan.
  • Mawlana berkata bahwa keempat karakter ini adalah karakter TERBURUK yang kita miliki. SIAPA PUN YANG MEMILIKI SALAH SATU DARI KEEMPAT KARAKTER INI ADALAH PENGIKUT SYAITAN. DIA TIDAK AKAN DAPAT MASUK SURGA. DIA TIDAK AKAN MAMPU MENYEBERANGI JEMBATAN (SIRAAT), DAN DIA AKAN JATUH KE DALAM API NERAKA!!! Karakter-karakter ini menghapus kecantikan dan keindahan dalam diri kita, membuat kita kotor dan jelek. Selama kita tidak membersihkan diri kita dari keempat karakter ini, kita tidak akan PERNAH masuk surga! Oleh karena itu, Allah Yang Penuh Belas Kasih mengutus nabi dan rasul untuk membantu kita membersihkan karakter-karakter syaitan dalam diri kita.
  • Karakter paling buruk di antara keempat karakter tersebut adalah KEANGKUHAN. Karena keangkuhanlah yang menyebabkan manusia menolak nabi dan rasul, yang datang untuk membersihkan mereka. Mereka meremehkan para nabi dan rasul; mereka mempertanyakan hak para nabi dan rasul untuk menasihati, dan mereka bangga karena mereka adalah pemimpin kaum mereka yang besar dan dihormati. Lihatlah para pemimpin kaum yang dengan bangganya menentang Rasulullah (saw) – dimanakah mereka sekarang? Dimanakah kaum berkuasa yang dulunya mereka pimpin?
  • Ketika Allah memerintahkan para malaikat untuk sujud, hanya iblis yang tetap berdiri. Pada detik iblis menantang Allah, dia dengan sekejap diubah menjadi makhluk yang jelek dan menjijikkan. Dia menjadi sangat berubah dan jelek, sampai-sampai jika kita melihatnya, kita merasa mual seperti akan muntah. Iblis kehormatannya, keindahannya dan statusnya dalam sekejap ketika ia berdiri menantang. Sejak saat itu, Allah tidak lagi berfirman pada iblis (karena itu merupakan suatu kehormatan ketika Allah berfirman pada makhluk), Allah mengutus seorang malaikat untuk mewakili-Nya berbicara pada iblis.
  • Jadi Mawlana berkata bahwa jika kita melihat seseorang, dan wajahnya memancarkan kejelekan, itu artinya dia telah mewarisi kegelapan/kekotoran/pembangkangan dari iblis. Jadi, kejelekan itu merupakan tanda bagi kita bahwa ada sesuatu yang tidak benar dari orang itu. Pada zaman sekarang ini, sangat banyak orang memilih untuk berdandan, untuk menyembunyikan kejelekan yang mulai memancar itu. Jika kita bercermin, dan kita melihat kecantikan atau keindahan rupa kita, maka bersujudlah pada Allah dengan penuh rasa syukur, karena Dia telah menempatkan cahaya Ilahi di dalam diri kita.
  • Ketika Rasulullah (saw) bersabda, beliau semata-mata menyampaikan perkataan Allah. Beliau berbicara mewakili Tuhannya, karena beliau adalah wakil Allah. Dari perkataan-perkataan beliau tercurah samudera-samudera ilmu, dan kita tak habis-habisnya dapat belajar dari samudera-samudera ini.
  • Rasulullah (saw) bersabda dalam sebuah hadis, “Jika kamu ingin meminta kebaikan/pertolongan dari seseorang, lihatlah wajahnya, dan jika kamu menemukan cinta/keindahan/kebaikan di wajahnya, maka mintalah darinya.” Hadis ini digoreskan dalam huruf-huruf emas, ini merupakan samudera yang penting untuk kita pahami. Sangat banyak orang kaya, raja, pemimpin, mereka selalu merengut, serius dan tidak nyaman untuk didekati; mereka kelihatan sangat jelek ketika mereka berperilaku seperti ini, kata Mawlana. Jika saja mereka tersenyum dan bersahabat, penuh cinta dan mudah didekati!
  • Mawlana menasihati kita untuk bersikap bermurah hati, karena Allah berfirman dalam sebuah hadis Qudsi, bahwa Allah tidak akan pernah mempermalukan seseorang yang selalu memberi di jalan Allah. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk memberi, Allah akan mengganti apa yang kita berikan demi ridho-Nya dengan kekayaan-Nya, karena Allah MENCINTAI orang-orang yang murah hati. Allah berfirman, “Jika kamu mematuhi-Ku, Aku akan membuat ketika kamu berkata JADILAH, maka TERJADILAH!”
  • Kita akan takjub melihat organ-organ tubuh kita (tangan, kaki, mata, dsb) berbicara pada Hari Pengadilan, bersaksi atas segala yang telah kita perbuat. Sebagaimana Allah telah memberikan kita kemampuan untuk berbicara, Dia juga akan memberikan kemampuan yang sama pada anggota-anggota badan kita untuk berbicara dan bersaksi atas SEGALA yang kita lakukan!

Fatihah.


This entry was posted in 2009 @id, Disember. Bookmark the permalink.